Selasa, 01 Desember 2015

Terong, Si Ungu Dengan Sejuta Manfaat

Manfaat Terong Ungu untuk kesehatan tubuh - Anda pasti sudah tak asing lagi dengan terong ungu, bukan? Terong yang dapat diolah menjadi beragam masakan ini ternyata mengandung sejuta manfaat. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai olahan terong, tak ada salahnya jika sekarang Anda mengubah cita rasa Anda setelah mengetahui manfaat sayuran ini. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai manfaat terong ungu berikut!

Manfaat Terong Ungu Bagi Tubuh

  • Memberi Nutrisi dan Menyehatkan Otak
Kandungan phytonutrisi anthocyanin yang disebut nasunin dalam kulit terong ungu sangat berkhasiat untuk menutrisi salah satu organ terpenting tubuh kita, yaitu otak. Selain menutrisi otak, nasunin juga berguna untuk melindungi membrane sel otak dari radikal bebas berbahaya. Dengan adanya nasunin ini, otak kita akan mendapatkan nutrisi yang lebih baik dan memudahkan untuk berpikit.
manfaat terong ungu

  • Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung
Kandungan nasunin pada terong juga sangat bermanfaat untuk mengikat zat besi dalam tubuh. Zat besi yang ada pada tubuh memang sangat baik untuk imunitas dan transport oksigen. Namun, zat besi yang berlebihan dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang satu ini, sungguh luar biasa. Karena, selain nasinin, kandungan fitronutrien dalam terong juga berkhasiat untuk relaksasi pembulih darah di jantung.
  • Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok
Bila seseorang sudah terbiasa merokok, untuk menghentikannya memang sangat sulit, bukan? Nah, jika Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok, tak ada salahnya menambah terong dalam pola makan sehari-hari Anda. Terong dapat membantu menekan hasrat merokok karena terong dikenal mengandung sejumlah kecil nikotin. Mengonsumsi terong adalah salah satu cara hebat dan alami untuk menghentikan kebiasaan merokok, bukan?
  • Manfaat Terong Ungu untuk Diet Sehat
Seorang ilmuwan dari Universitas Graz, Jerman, telah melakukan penelitian terhadap hewan hingga menemukan hasil yang sama dari salah satu manfaat terong  ini. Dalam penelitiannya ditemukan bahwa terong dapat membantu mencegah tumbuhnya kolestrol jahat dalam tubuh. Selain itu, terong juga terbukti dapat mencegah dan menghambat tumbuhnya plak-plak lemak yang dapat membuat timbulnya penyakit ateroklerosis, atau radang pembulih darah.
  • Mencegah Terjadinya Anemia
Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Itu karena kandungan nutrisi , vitamin dan Zat besi yang terdapat dalam terong yang sangat berguna dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia  yang sering terjadi pada beberapa orang yang kekurangan akan zat besi.
  • Sebagai Anti Bakteri
Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam terong dapat menjadi sumber anti virus dan anti bakteri yang sangat efektif . Ini semua karena kandungan yang terdapat pada terong yaitu antara lain folat, serat, Vitamin B, mangan, tembaga, kalium, Vitamin K, triptofan, Vitamin C dan Magnesium.
  • Mengontrol Kadar Gula Darah
Terong memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah akan karbohidrat larut, sehingga terong sangat bermanfaat dalam mengontrol dalam penyerapan glukosa serta mengatur kadar gula dalam darah. Oleh karena itu terong merupakan salah satu makanan yang baik bagi penderita penyakit diabetes tipe 2.
  • Melembabkan Kulit Kepala
Terong memiliki beberapa kandungan mineral serta vitamin yang sangat baik untuk menutrisi kulit kepala agar selalu sehat. Sehingga memungkinkan untuk terhindar dari berbagai masalah yang biasanya timbul pada kulit kepala.
  • Meningkatkan Gairah Sex Pria
Adapun beberapa mitos dalam masyarakat yang menyatakan bahwa terong membuat loyo badan . Akan  tetapi mitos ini justru salah karena faktanya terong sangat kaya akan manfaat. Karena terong malah dapat meningkatkan gairah sexual pada pria, disebabkan karena efek afrodisiaknya. Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesuburan pria.

  • Mencegah Penuaan Dini
Terong merupakan jenis sayuran yang kaya akan manfaat terlebih untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaat terong untuk kesehatan kulit yaitu dapat mencegah penuaan dini, itu dikarenakan kandungan vitamin E yang terkandung di dalam terong. Untuk mendapatkan manfaat hasil yang maksimal dalam mencegah penuaan dini serta keriput konsumsilah terong secara rutin. 
  • Membantu Mengobati Kanker
Terong mengandung kaya akan serat dalam jumlah yang tinggi yang dimana sangat bermanfaat dalam mengobati kanker usus besar. Ini semua di karenakan terong berfungsi dalam penyerapan bahan - bahan kimia dan racun yang merupakan penyebab dari terjadinya perkembangan kanker usus besar.

Manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh sangat luar biasa, ya. Nah, selain manfaat-manfaat di atas, antioksidan dalam terong juga sangat berkhasiat untuk mencegah sel kanker, anti mikroba, dan anti virus untuk imunitas tubuh. Serat pada buah dan terutaa kulit terong juga sangat bermanfaat untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat, serta dapat mengobati kanker usus besar. Jika Anda bukan penggemar olahan terong, tak ada salahnya mencoba menambahkan terong pada menu makanan sehat Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar